Pentingnya Memiliki Harga Diri

Apakah semua orang memiliki harga diri? Tentu saja semua orang memiliki harga diri, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Tidak memandang kaya, miskin, pegawai, petani, pedangang, dan sebagainya. Semuanya memiliki harga diri. Harga diri bisa diartikan sebagai kehormatan diri. Oleh sebab tiu, setiap orang tidak ada yang senang bila direndahkan dan dihina oleh orang lain.
Setiap orang dihormati oleh orang lain dengan sebab yang berbeda-beda. Ada orang yang dihormati karena kaya, pandai, atau mempunyai keahlian tertentu. Contohnya seorang guru dohormati karena ilmunya yang disampaikan pada murid-muridnya, petani yang telah berjasa menanam tanaman untuk dikonsumsi oleh orang banyak, dokter dengan ilmunya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan banyak lagi.

Setiap orang harus memiliki harga diri yang baik. Dengan memiliki harga diri orang itu akan dapat menjaga kehormatannya. Agar dapat menjaga harga dirinya, seseorang harus memiliki sifat-sifat dan perilaku yang baik dapat didasari oleh beberapa hal.
Pertama, ia harus menjadi orang yang takwa terhadap Tuhan YME. Dengan ketakwaan ini seseorang akan selalu berperilaku sesuai dengan perintah dari Tuhan, seperti beribadah, berbuat kepada sesama. Selain itu, orang yang bertakwa akan senantiasa menjauihi perbuatan-perbuatan tercela yang dilarang oleh agama, seperti mencuri, berjudi, mabuk-mabukkan, zalim kepada sesama, dan sebagainya.
Kedua, ia harus memiliki rasa malu, bila berbuat kesalahan ia akan menyesal dan berjanji tidak akan mengulanginya kembali. Dengan memiliki rasa malu akan mencegah seseorang berbuat kesalahan.
Ketiga, ia harus selalu menghormati dan berbuat baik kepada orang lain.
Keempat, dalam segala hal ia selalu bertindak jujur dan rendah hati.

Seseorang yang memiliki harga diri yang berlebihan itu kurang baik. Ia akan merasa dialah orang yang paling pandai, paling kaya, paling cantik atau ganteng dan sebagainya. Bila hal itu terjadi ia akan menjadi orang yang sombong dan menganggap orang lain lebih renda, orang seperti itu biasanya akan mudah tersinggung bila ada orang lain yang dapat melebihi dari dirinya.
Silahkan tinggal pilih mana yang menurutmu yang lebih baik.

B. akibat Orang Tidak Memiliki Harga Diri

Semua orang harus memiliki harga diri. Dengan memiliki harga diri orang akan dapa hidup tentram dan tenang. Banyak yang terjadi dalam masyarakat pada umumnya orang-orang yang tidak memiliki harga diri. Sehingga dapat melakukan perbuatan-perbuatan yang melanggar aturan agama maupun hukum dalam masyarakat.
Misalnya, anak yang suka bolos sekolah atau datang ke sekolah keisangan. Selain dia mamlu oleh teman-temannya dia juga akan mendapat sangsi dari guru. Lebih parah lagi dia sudah tidak merasa malu lagi melanggar aturan tanpa merasa bersalah demi tujuan menguntungkan dirinya dan merasa bangga dengan sikapnya itu.

You can leave a response, or trackback from your own site.

1 Response to "Pentingnya Memiliki Harga Diri"

  1. Unknown says:

    terimakasih, memotivasi sekali....

Posting Komentar

Powered by Blogger