Contoh Bentuk Harga Diri

A. Menghargai Diri Sendiri
Kita harus menghargai diri kita sendiri, sebelum orang menghargai kita. Begitu pula bila kita ingin dihargai oleh orang lain, kita wajib menghargai orang lain. Kita diciptakan oleh Tuhan yang sama dengan penciptaan yang sempurna. Maka tidak layak seseorang menghina kepada orang lain yang hakikatnya malah menghina Penciptanya. Naudzubillah.
Banyak cara untuk menghargai diri kita sendiri, dan yang paling penting adalah kita harus bersyukur dengan apa yang telah dianugrahkan Allah untuk kita. Baik itu dari segi jasmaniyah, latar belakang keluarga atau dari segi harta. Setelah kita bersyukur maka jagalah nama baik kita dengan mengendalikan diri dari perbuatan tercela. Misalnya, melanggar aturan atau perbuatan jahat. Jika kita suka berperilaku tercela tentu orang lain tidak akan menghargai kita, bahkan akan menjauhi kita.

Akan tetapi lebih baik bila kita bersikap sopan, jujur, taat pada aturan yang berlaku, dan suka menghargai orang lain. Kalau kita mampu berbuat seperti itu, pasti akan dihargai dan disenangi oleh teman-teman. Dan yang lebih besar lagi manfaatnya adalah pahala di sisi Allah atas orang yang memiliki perillaku (akhlak) yang terpuji. Bukankah pahala yang paling berat di timbangan akhirat nanti adalah akhlak yang terpuji??

B. Mengakui Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri
Tidak ada orang yang sempurna. Allah menciptakan manusia yang memiliki kecenderung perilaku baik dan buruk. Pasti seseorang memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Misalnya, ada anak yang pandai dan selalu menjadi bintang pelajar. Akan tetapi, di balik kehebatannya ia tidak bias menyanyi atau main sepak bola. Ada lagi yang orang tuanya kurang mampu, ia sendiri kurang pandai tetapi meungkin ia punya kelebihan seperti baik hati, jujur atau suka menolong. Ada orang yang sangat kaya, ia memiliki segalanya. Akan tetapi, ketika ia membutuhkan tenaga orang lain. Oleh sebab itu bila kita diberi kelebihan leh Allah, kita mesti mensyukurunya dengan tetap rendah hati dan tidak menyombongkan diri atas kelebihannya itu. Ingat orang yang kita anggap lemah, mungkin ia memiliki kelebihan yang kita tidak tahu di bidang lain.

C. Contoh Bentuk Harga Diri
Harga diri merupakan hal yang penting dalam menjaga kehormatan. Seseorang yang memiliki harga diri, dapat menjaga perilakunya untuk tidak berbuat kesalahan. Bila orang tersebut melakukan kesalahan, ia akan merasa kehormatan dirinya ternoda dan akan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahannya. Secara sederhana bentuk harga diri dibagi menjadi dua kelompok, yakni sebagai berikut:

1. Harga Diri Orang Perorang
Seperti yang telah dijelaskan pada pemnahasan harga diri terdahulu, bahwa setiap orang memiliki harga diri. Namun tingkatannya berbeda. Seseorang yang memiliki harga diri yang cukup tinggi, yaitu orang yang mempu menjaga kehormatannya supaya tidak ternoda. Ia akan merasa malu sekali bila harga diri dan kehormatan dirinya terganggu. Oleh sebab itu, ia selalu patuh terhadap semua aturan yang berlaku. Ia mencoba menjadi orang yang baik, suka menolong dan hormat kepada semua orang.
Setiap orang akan selalu mempertahankan harga dirinya. Ia akan melakukan tindakan apabila harga dirinya terusik. Terusiknya harga diri disebabkan oleh perilaku yang berasal dari luar. Misalnya, ejekan dari orang lain. Orang bias marah sekali, bahkan bagi orang yang tidak dapat mengendalikan dirinya. Perbuatan tercela mungkin terjadi seperti terjadi perkelahian antar teman, tauran sekolah, penganiayaan, dll.

2. Harga Diri Suatu Kelompok
Harga diri suatu kelompok, yaitu dapat berupa suatu kelompok keluarga, kelompok lingkungan tempat tinggal, kelompok sekolah, atau kelompok suatu Negara.
Sebagai contoh kelompok di sekolah. Para siswa di suatu sekolah juga memiliki harga diri kelompok. Untuk membela nama baik sekolah para siswa berjuang memajukan sekolahnya. Misalnya, di bidang olahraga dan seni mereka menunjukan prestasinya, demi mengharumkan nama sekolah. Akan tetapi, ada beberapa bentuk harga diri kelompok yang tidak boleh di tiru. Misalnya, kurang kesetiakawanan antar sekolah, para siswa dari satu sekolah menyerang siswa sekolah lain. Jika sudah terjadi demikan, tawuran antar sekolah akan terjadi.
Demikian juga sebagai warga Negara Indonesia, Indonesia memiliki harga diri. Bangsa kita tidak akan mau dihina oleh bangsa lain. Selain itu, kita pun mencoba mengangkat harga diri bangsa Indonesia melalui prestasi di bidang ilmu pengetahuan, olahraga, seni, dan lain-lain. Jika ada duta olahraga di Indonesia, menjadi juara dalam pertandingan dunia. Dengan demikian, harga diri bangsa kita akan ikut terangkat.

You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Contoh Bentuk Harga Diri"

Poskan Komentar

Powered by Blogger