Kekhasan Bangsa Indonesia

Dalam posting kali ini saya akan menuliskan ikhtisar pelajaran Civic (PKn) untuk level 3. Berhubung topic yang sedang kita bahas tentang Kekhasan bangsa Indonesia, yang tentunya mencakup beberapa pembahasan dan tentunya tidak cukup hanya mengandalkan buku paket dari beberapa terbitan tapi dari sumber lain baik dari websites maupun dari blog. Berikut pemetaannya :

Kebhinekaan Bangsa Indonesia
Bhineka tunggal ika sebagai semboyan negara Indonesia. Semboyan yang sangat tepat untuk menggambarkan keadaan Negara Indonesia yang beragam. Asal kata dari Bhineka Tunggal Ika berasal dari kitab sutasoma karya Mpu Tantular yang artinya berbeda-beda tapi tetap satu. Sesuai dengan beragamnya budaya, bahasa, suku, agama dan adat Istiadat dll.
1. Keragaman Suku Bangsa Indonesia

Menurut para ahli antropologi, di Indonesia terdapat sekitar 300 kelompok suku bangsa. Setiap kelompok suku bangsa umumnya mendiami daerah tertentu atau propisnsi. Misalnya di Provinsi Aceh Darussalam, bermukim beberapa suku bangsa. Diantaranya Gayo, Simeuleu, Kluet, Alas, Tamiang, Aneuk Jamee, dan suku Gumbok Cadek. Suku-suku di provinsi Aceh cirri khsasnya dapat dilihat dari pakaianya. Pada pakaiannya biasanya menyelipkan senjata khas aceh, yakni Rencong.
Demikian pula di provinsi lainnya. Seperti sumatra utara, Sumatra Barat, Riau, Jambi, Sumatra selatan, Bengkulu, Lampung. Masing-masing penduduk memiliki kekhasan masing-masing. Di pulau jawa juga demikian, terdapat beberapa suku bangsa, diantaranya ada suku Sunda di Jawa Barat, Suku Jawa di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Demikian pula di pulau-pulau lainnya. Seperti Pulau kalimantan, sulawesi, maluku, dan Papua. Yang tentunya tidak dapat dibahas seluruhnya di sini, mungkin di level selanjutnya.

2. Keragaman Budaya Seni Daerah

Seperti keadaan penduduknya, seni budaya Indonesia pun beragam. Keragaman seni budaya sebanding pula dengan keragaman suku bangsanya. Akan tetapi, bagi bangsa Indonesia tidak menjadi penghalang terbentuknya persatuan. Keragaman itu bias dipandang sebagai kekayaan seni budaya Indonesia. Terdiri dari keragaman bahasa daerah, adapt istiadat, rumah adapt, seni budaya, senjata tradisional, seni tari beserta alat keseniannya. Namun tidak akan semuanya kita bahas, cukup 3 sja, yakni keragaman pakaian adat, rumah adat dan seni tari.

1.Keragaman Seni Tari
Seni tari yang berkembang di Indonesia begitu banyak dan beragam. Semuanya sangat mengagumkan. Kita patut bangga memiliki begitu banyak kekayaan seni tari asli Indonesia. Sebagai contoh kita dapat menyimak beberapa di antarnya sebagai berikut.
Kekayaan seni tari di Indonesia jangan sampai hilang. Kewajiban kita melestarikan seni tersebut agar lestari dan berkembang.

2.Keragaman Rumah Adat
Setiap suku bangsa memiliki rumah adapt yang khas. Beberapa rumah adapt dapat dilihat sebagai berikut atau klik yang ini.


Dalam perkembangan zaman yang sudah maju ini,banyak pengaruh model rumah dari luar. Bentuk-bentuk rumah sekarang berbentuk masa kini. Akan tetapi, di balik kemajuan itu rumah-rumah adat masih tetap dipelihara. Rumah adap merupakan peninggalan nenek moyang. Lebih lengkapnya silahkan klik yang ini.

3. Keragaman Pakaian Adat
Setiap suku tentu memiliki keragaman dalam hal pakaian, kita bisa lihat ciri khas masing-masing daerah dalam mengenakan pakaian pada saat acara pernikahan. Berikut contoh-contoh pakaian adat.

4. Keragaman Makana Tradisional
Yang satu ini pun tidak lepas dari asal daerah yang memiliki ciri khas dari segi makanan. untuk jenis-jenis dan nama-nama makanan khas Indonesia bisa dilihat di sini.
untuk Galeri foto-foto makanan khas Indonesia kalian bisa mencarinya di google atau silahkan klik di sini. Jelajahilah hingga kita dapat pengetahuan baru tentang Indonesia yang kaya akan budaya yang tak ternilai yang harus di lestarikan.



You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Kekhasan Bangsa Indonesia"

Posting Komentar

Powered by Blogger